Google Rilis Kode Open Source


Google pada hari Selasa kemarin, telah merilis kode open-source code yang akan menjadi power sistem operasi di ponsel Android dan akan mengundang programmer luar Android untuk mengembangkan fitur mereka sendiri. "Hari ini adalah hari besar untuk Android, Open Handset Alliance, dan komunitas open source," tulis Dave Bort, engineer software Google, pada source.android.com, situs di mana telah tersedia kode open source untuk di-download.

"Semua pekerjaan kami telah dituangkan ke dalam platform mobile ini, dan sekarang tersedia secara resmi, gratis, sebagai Android Open Source Project. Kini semua telah lengkap perangkat lunak end-to-end ini dapat bekerja di setiap konfigurasi hardware. Adakah ide bagus untuk fitur baru? Tambahkan! Sebagai project open source, langkah terbaik adalah semua orang dapat berkontribusi untuk Android dan mempengaruhi pelaksanaannya.", ujar Bort.

Yang diharapkan dari peluncuran Android adalah open source akan tiba di Android Market berbasis T-Mobile G1, yang menjadi salah satu cara Google untuk menjual Apple iPhone. Pihak Google yang bermarkas di Mountain View, California, telah meluncurkan smartphone pertama dari apa yang diharapkan menjadi platform Android. Android, yang diberi harga USD 179, USD 20 lebih murah dibandingkan dengan iPhone 3G. Android sendiri telah dijual di Amerika Serikat pada hari Rabu, di Inggris pada awal Nopember lain, di Eropa dan negara-negara lain yang dilayani oleh operator telekomunikasi T-Mobile pada awal tahun 2009.

G1 menawarkan banyak fitur dari iPhone dan RIM BlackBerry termasuk sebuah layar sentuh yang mirip dengan iPhone, sebuah trackball navigasi, browsing Internet dengan kecepatan tinggi, Wi-Fi, email, IM dan pesan text. Google berharap untuk mendirikan Android sebagai sistem operasi standar untuk ponsel dan untuk meningkatkan kualitas web browsing untuk pengguna handset. Hal ini akan semakin meningkatkan trafik ke situs web perusahaan.
Google juga telah mengadakan acara tahunan "Android Developer Challenge" dan akan memberikan hadiah lima juta dolar untuk programmer platform Andorid paling inovatif. Android yang diberi kode "G Phone" dapat dimasuki aplikasi apapun dari pengembang, sementara iPhone hanya dapat menggunakan software dari Apple. (h_n)

Heni BeritaNET.com, 24 Oktober, 2008