Amazon ‘Banting Harga’ Musik Hits Demi Melawan iTunes


Kini Amazon menurunkan harganya dari penjualan lagu-lagu hits-nya untuk meningkatkan pasaran demi tetap bisa bersaing melawan kompetitor-kompetitornya, salah satunya mungkin iTunes Music Store. Harga yang ditawarkan untuk mendapatkan lagu-lagu Top Song di Amazon kini lebih hemat sekitar 0,3 USD atau sekitar 4 ribu rupiah dibanding kita membelinya dari iTunes.

Banyak toko musik digital seperti Apple dan Amazon mendapatkan tekanan dari para produsen musik, yang menginginkan fleksibilitas yang lebih tinggi. Namun Amazon sepertinya gigih dalam bersaing dengan iTunes, dengan cara menjual musik-musik yang sedang hits dengan harga 0,99 USD ketimbang iTunes yang membandrol musik-musik hits-nya dengan harga 1,29 USD.

Sejak Desember lalu, Amazon sudah memiliki lebih dari 5 juta lagu, sedangkan iTunes sendiri lebih banyak dengan kuantitas 10 juta lagu. Kedua penggagas toko musik digital tersebut menyediakan lagu-lagu yang tidak diproteksi khusus dan dapat digunakan oleh MP3 Player manapun, termasuk iPod. Sedangkan Apple sendiri sedang memantau 70 persen dari pasaran musik digital yang memiliki legalisasi khusus. Amazon sepertinya turut mempertimbangkan ini.

www.beritateknologi.com