Kini pengguna iPhone dapat memposting link aplikasi ke dalam profilnya di Facebook


Memenuhi besarnya permintaan, Facebook baru-baru ini meluncurkan aplikasi Facebook Connect khusus iPhone. Aplikasi ini akan menghubungkan para pengguna iPhone ke account Facebook mereka dan melakukan berbagai aktivitas di dalamnya, termasuk mengadopsi game-game favoritnya.

Dengan Facebook Connect, pengguna iPhone dapat memposting link aplikasi ke dalam profilnya sehingga dapat dishare kepada teman atau mitranya di Facebook.

“Untuk pertama kalinya, aplikasi iPhone Anda terkoneksi dengan Facebook dan memiliki teman,” kata Dave Morin, Senior Platform Manager Facebook, di sela konferensi bertajuk SXSW Interactive di Austin-Texas. Pada kesempatan tersebut Morin mengundang sejumlah pengembang iPhone untuk memamerkan fungsionalitas mereka yang baru, yang merupakan representatif dari pengembang Playfish, Tapulous, dan SGN.

Seperti disiarkan PCMag, Senin 23 Maret 2009, para pengembang menerangkan bagaimana Facebook Connect untuk iPhone dapat terkonsolidasi baik dengan game-game mereka.

Misalnya, user dapat memposting skor mereka di Facebook Feed, dapat melihat siapa saja teman mereka yang online, dan juga turut mengundang teman-teman yang menggunakan iPhone atau tidak menggunakan iPhone untuk ikut bermain.

Aplikasi populer lain yang diutilisasi Facebook Connect adalah di antaranya UrbanSpoon dan Flixster Movies. UrbanSpoon merupakan aplikasi yang memungkinkan user untuk memposting review beserta gambar restoran ke dalam Facebook Feed mereka.

Begitu pula dengan Flixter, aplikasi ini melakukan hal yang serupa dengan Urbanspoon. Hanya saja materinya bukan review restoran, melainkan review film.

Selain kedua aplikasi ini, Facebook Connect juga akan menampung sejumlah aplikasi seperti Citysearch, CitizenSports, Loopt, MTV, EA Sports, dan beberapa lainnya yang masih dalam proses penjajakan.

Muhammad Firman, Muhammad Chandrataruna(www.infoberita.com)